Tips Mencegah penyebaran COVID-19

Oleh :Tim Media Center SMK SMAK Makassar

Saribattangku....

Beberapa minggu ini seperti yang kita ketahui wabah Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 telah meluas sampai ke wilayah Indonesia. Berbagai pihak telah mulai melakukan pencegahan untuk menahan penyebaran virus ini lebih jauh. Beberapa tempat umum termasuk sekolah sementara diliburkan dengan memindahkan KBM melalui pembelajaran online.

Sesuai dengan arahan dari Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, maka beberapa kebijakan dibuat untuk mencegah penyebaran virus ini antara lain :

  1. Aktivitas KBM di sekolah terhitung mulai tanggal 16 s.d 27 Maret 2020, sementara dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh di rumah (pembelajaran online). Selanjutnya akan kembali dilaksanakan di sekolah pada tanggal 30 Maret 2020 dengan menerapkan SOP pencegahan penyebaran COVID-19.
  2. Siswa yang melaksanakan Prakerin dihimbau untuk diliburkan kecuali jika masih memungkinkan dilaksanakan ujian tetapi dengan tetap memperhatikan SOP pencegahan penyebaran COVID-19.
  3. Pihak Guru/Wali kelas bekerjasama dengan pihak  orangtua terkait informasi KBM yang sementara diliburkan, dengan tetap mengontrol peserta didik tetap berada di rumah dan mengikuti pembelajaran online.
  4. Kegiatan kerja kelompok atau kegiatan di luar rumah seperti kegiatan Eskul selama 14 hari ke depan dihentikan sementara baik di sekolah maupun keikutsertaan dalam lomba.
  5. Pegawai yang melakukan perjalanan ke luar daerah atau luar negeri, untuk sementara melakukan self-karantina di rumah masing-masing selama 14 hari.
  6. Senantiasa menerapkan Hidup bersih dan pola hidup sehat, dengan memperhatikan SOP pencegahan penyebaran COVID-19.
  7. Untuk diperhatikan kepada seluruh pihak, agar tidak panik dan tetap waspada untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kami dari SMK SMAK Makassar menghimbau teman-teman untuk tidak panik dan tetap waspada ya!
Berikut tips simple yang dapat kamu ikuti untuk mengurangi penularan virus corona! (selengkapnya silahkan mengunjungi galeri foto)