Teach From Home solusi belajar dengan pemanfaatan teknologi

Oleh : Media Center SMK SMAK Makassar

(24/03) Saribattangku
Hari ini telah memasuki minggu kedua pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Tenaga pendidik yang ada di SMK SMAK Makassar pun mencari metode yang mudah untuk dijangkau oleh siswa. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti siswa yang tidak memiliki kuota cukup untuk mengikuti pembelajaran online tatap muka, jaringan yang kurang baik, ataupun kapasitas siswa yang tidak menggunakan android. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan memberi tugas yang dikumpulkan melalui group media sosial ataupun penyampaian yang dilakukan oleh siswa lain kepada temannya. Hal ini dilakukan agar seluruh siswa dapat mengikuti dan menerima proses pembelajaran jarak jauh.


Melalui surat edaran yang dibuat, Wakil Kepala bidang kurikulum dan pengajaran menghimbau agar pemberian tugas diberikan sesuai jadwal pembelajaran yang telah berlangsung di sekolah. Sehingga siswa tidak kewalahan dalam mengatur waktunya menyelesaikan tugas tersebut. Beberapa guru pun melakukan tatap muka menggunakan aplikasi yang ada sebagai pengganti tugas sambil memberi motivasi kepada siswa agar tetap menjaga kesehatan serta waspada akan penyebaran virus COVID-19 dengan tidak kemana-mana. Hal ini juga menjadi tugas para wali kelas yang tetap mengontrol anak didiknya untuk tetap berada dirumah saja.


Kita semua berharap dengan adanya pandemi COVID-19 ini tidak memutus rasa semangat belajar siswa dan terus meningkatkan kreativitas para tenaga pendidik dalam memanfaatkan teknologi sebagai bukti konsistensi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab di tengah ujian yang sedang melanda dunia khususnya di Indonesia. Harapan besar kita, penyebaran virus ini segera berakhir dan seluruh aktivitas di sekolah dapat kembali berlangsung.

Salama’ki tapada salama’

#mediacentersmakma
#smakmakassar
#smakoke #jagaiparasanganta' #infoperin #vokasiindustri #insanoke

(Berita terkait : https://www.instagram.com/p/B-HSv1AFbtq/?utm_source=ig_web_copy_link)
(salah satu video penerapan Teach From Home : https://www.youtube.com/watch?v=zEZqDwQ4ro&feature=youtu.be)