Studi Banding Siswa-Siswi SMKN 1 Pangkep ke SMK-SMAK Makassar

SMKN 1 PANGKEP adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang berlokasi di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan. Sekolah tersebut merupakan sekolah yang berbasis keahlian dibidang analis kimia.

Dalam Upaya meningkatkan mutu pendidikan dan keterampilan siswa-siswinya maka SMKN 1 Pangkep melakukan kunjungan study banding ke SMK – SMAK Makassar dan dari hasil kunjungan tersebut ada beberapa hal yang menjadi ketertarikannya terhadap sistem pengelolaan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan – SMAK Makassar. Diantaranya seperti, Sekolah Menengah Kejuruan – SMAK Makassar telah :

  1. Sekolah dengan nilai akreditasi A.
  2. Tersertifikasi ISO 9001:2008.
  3. Memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK).
  4. Bekerjasama dengan puluhan perusahaan BUMN dan Swasta dan Lembaga yang berkaitan dengan analis kimia di seluruh Indonesia.
  5. Bekerjasama dengan VAPRO INTERNATIONAL Belanda dibidang Kurikulum, Praktek Kerja Industri dan Uji Kompetensi Internasional.
  6. Pengelolaan Laboratorium yang terstandarisasi dan mengikuti perkembangan dunia Industri.
  7. Sarana dan Prasarana yang memadai seperti ruangan kelas yang full AC dan metode pengajaran menggunakan LCD proyektor serta fasilitas music dan olahraga yang lengkap.

Selain itu, muncul beberapa wacana dari kunjungan tersebut seperti SMKN 1 Pangkep akan memagangkan guru-gurunya di SMK - SMAK Makassar baik itu di laboratorium-laboratorium maupun dibidang manajemen dan pengelolaan sekolah sehingga hubungan ini diharapkan sebagai mitra dalam membangun dunia pendidikan dan dunia industri segara global.

Penulis: Muchammad Akbar

Editor: Angga Nofrianto