Pengenalan Industri kepada siswa baru melalui PLS tahun 2019

       Sebanyak 215 Siswa baru SMK SMAK Makassar mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk tahun ajaran 2019/2020. kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, dimana agenda kegiatan terbagi dua yakni pengenalan di lingkungan sekolah dan kunjungan beberapa industri yang ada di Makassar, Gowa dan Takalar. Pada pelaksanaannya di sekolah, siswa baru dilatih kedisiplinan, belajar mengenal beberapa bidang di SMAK serta pengenalan organisasi yang aktif. Sedangkan untuk kunjungan industri sendiri, siswa dibagi menjadi lima kelompok. Pihak sekolah menyediakan fasilitas kendaraan bagi seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ini. 

        Sultan, S.Si selaku sekretaris panitia pelaksana PLS mengatakan," untuk tahun ini ada 5 industri yang menjadi tempat kunjungan industri siswa baru antara lain Sucofindo dan Kima untuk wilayah Makassar, Mayora dan Suntory Garuda untuk wilayah Gowa, serta PT. Astra yang terletak di Kabupaten Takalar". Mereka sangat antuasias karena langsung dapat menyaksikan seperti apa tempat produksi di industri", tambahnya.

           Sementara itu Alfalaah, yang merupakan salah satu siswa baru menyampaikan kegembiraannya tentang kegiatan PLS di SMK SMAK Makassar. "saya senang karena  di perkenalkan lingkungan baru dan banyak dapat teman baru. Trus pas kegiatan kunjungan industri dapat pelajaran tentang dasar dasar menjjadi analis dan dapat mengetahui langsung bagaimana cara pembuatan produk pabrik", ungkapnya.

             Serangkaian kegiatan PLS ini berlangsung selama kurang lebih seminggu, yang diawali dengan pertemuan orangtua/wali siswa dan pihak sekolah, kemudian dilanjutkan pengenalan lingkungan sekolah dan sebagai penutup adalah kegiatan kunjungan industri bagi siswa baru. Hal ini tentu diharapkan mampu menjadi pemacu semangat bagi kader-kader baru calon analis di SMK SMAK Makassar. Peran orangtua/wali siswa pun diharapkan mampu memberi angin segar bagi pembentukan pola pendidikan yang akan didapatkan oleh seluruh siswa.