Pembentukan pribadi mandiri melalui kegiatan pramuka

     Sebanyak 130 siswa SMK SMAK Makassar mengikuti kegiatan pelantikan bantara sebagai rangkaian salah satu tingkatan bagi pramuka penegak. Selama 2 hari kegiatan ini berlangsung di lingkup perkemahan SMK SMAK Makassar. Ketua Dewan Putra, Muh. Bintang Mahardika dalam wawancara singkat mengatakan bahwa agenda ini menjadi rutinitas wajib diikuti oleh seluruh siswa SMK SMAK Makassar yang dilaksanakan tiap tahunnya.

     Adapun tahapan kegiatan meliputi sesi outbond dan pemberian materi yakni Perjalanan seorang Penegak dan Tentang ruang lingkup Bantara itu sendiri. Harapannya, selain mampu melatih calon-calon penerus Pramuka pada SMK-SMAK Makassar, kegiatan ini diharapkan menjadi bagian dari pembentukan karakter atau pribadi mandiri bagi siswa SMK SMAK Makassar. 

     Kegiatan kepramukaan menjadi bagian dari pembelajaran kepada siswa tentang bagaimana mengelola sikap kemandirian dan disiplin dalam menjalankan setiap tugas di kesehariannya. Dengan begitu, pendidikan pramuka sangat mendukung proses pembelajaran bagi siswa terutama di SMK SMAK Makassar.