Kegiatan akhir menuju liburan sekolah

            Libur sekolah akhirnya tiba, setelah hampir dua minggu kegiatan evaluasi pembelajaran dilaksanakan. Sebelum siswa merancang liburan mereka, sekolah mengadakan beberapa kegiatan yang wajib diikuti siswa. Salah satunya adalah recycling day atau hari daur ular sampah yang merupakan kegiatan pendukung dari program sekolah adiwiyata di SMK SMAK Makassar. Pada kegiatan ini, siswa diarahkan membawa beberapa sampah daur ulang dari rumah mereka masing-masing yang kemudian dipilah bersama dengan pihak Mall Sampah kota Makassar (startup yang berkecimpung di bidang lingkungan).

         Dalam kegiatan ini pula, perwakilan dari PERSAMA yang merupakan induk organisasi siswa di SMAK Makassar menyampaikan ajakan kepada seluruh siswa untuk mendukung gerakan "sehari bersama tumbler" sekaligus menandai simulasi program kegiatan tersebut. Dalam program ini, siswa diarahkan membawa tumbler atau botol minuman yang mereka gunakan sebagai pengganti botol kemasan plastik. Sehingga gerakan ini secara tidak langsung mengajarkan siswa untuk lebih peduli pada lingkungan. Nantinya pada pelaksanaan program ini, pihak sekolah akan menyiapkan beberapa titik tempat mengisi ulang tumbler siswa.

              Selain dua kegiatan di atas, pada hari berikut khususnya untuk siswa kelas XI mengikuti pelatihan soft skill melalui penanaman nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari diadakan di benteng somba opu yang merupakaan salah satu objek wisata budaya yang ada di Sulawesi Selatan. Selama dua hari siswa diperkenalkan pembelajaran yang lebih dekat dengan alam, mengenal peninggalan sejarah dan bagaimana memupuk rasa kebanggaan terhadap keberagaman budaya lokal yang ada di Indonesia.

             Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan memberi habbit untuk seluruh siswa SMK SMAK Makassar. Karena segala bentuk pembelajaran bukan hanya melalui materi di dalam kelas, melainkan segala hal yang mampu memberi dampak bagi siswa merupakan bagian dari pada proses pembelajaran itu sendiri.