11 Siswa SMK - SMAK Makassar Siap Berkarir di PT. Petrokimia Gresik

PT Petrokimia Gresik merupakan perusahaan BUMN yang menjadi produsen Pupuk Terlengkap di Indonesia dengan memproduksi berbagai macam pupuk, seperti : Urea, ZA, SP-36, ZK, NPK Phonska, NPK Kebomas, dan pupuk organik Petroganik. PT Petrokimia Gresik juga memproduksi produk non pupuk, antara lain Asam Sulfat, Asam Fosfat, Amoniak, Dry Ice, Aluminum Fluoride, Cement Retarder, dll. Keberadaan Perusahaan tersebut salah satunya berperan sebagai pendukung program Pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan Nasional.

Seiring dengan perkembangan produktifitas PT. Petrokimia Gresik, muncul stimulasi akan adanya kebutuhan tenaga kerja industri. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan untuk menyiapkan kader-kadernya maka perusahaan tersebut memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa khususnya dibidang analis kimia dalam rangka mengikuti seleksi sebagai calon karyawan/karyawati. Dan yang menjadi salah satu pilihan lokasi strategis untuk melakukan recruitment karyawan baru yaitu Sekolah Menengah Kejuruan – SMAK Makassar. Sekolah ini dipilih karena kredibilitasnya di dunia industri yang telah diakui dan sudah ± 51 tahun berpartisipasi dalam mencetak tenaga analis kimia yang handal dan siap pakai.

Adapun tahapan-tahapan dalam recruitment karyawan PT. Petrokimia Gresik adalah :

  1. Tes Akademik
  2. Interview User
  3. Psikotes
  4. Interview Psikolog
  5. Medical Check Up (Bertingkat)

Dan dari hasil seleksi yang diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan – SMAK Makassar, maka terjaring 11 siswa yang dinyatakan memenuhi persyaratan dan diterima (lulus) menjadi calon karyawan PT. Petrokimia Gresik. Siswa-siswa tersebut yaitu :

  1. Nataniel Irianto
  2. Muh. Rivai B
  3. Muh. Alim
  4. Haidar Santoso
  5. Aby Pratama Poetra
  6. Gumilar Olin Firmana
  7. Febian Papuling
  8. Muh. Josh Darojat
  9. Muhammad Milzam N

Selamat dan sukses buat SMK – SMAK Makassar, teruslah mencetak para analis-analis kimia yang siap mengabdi dan membangun dunia Industri Indonesia.

Penulis: Muchammad Akbar

Editor: Angga Nofrianto