{ S M A K - M A K A S S A R} : Keberagaman pakaian adat khas Sulawesi Selatan

Indonesia, hadir dengan keberagaman budayanya....
menyongsong 78 tahun dengan terus melaju untuk indonesia maju.
17 agustus menjadi moment paling bersejarah untuk bangsa.

keberagaman yang ada menjadi simbol, identitas dan tombak bukti tangguhnya ibu pertiwi.
Hadir dengan berbagai kebudayaan, salah satunya pakaian adat tradisional.

sulawesi selatan sendiri menjadi salah satu propinsi yang juga memiliki daya tarik pada pakaian-pakaian adatnya.
baju bodo' merupakan salah satu baju adat tertua di Indonesia. Pakaian adat Sulawesi Selatan Baju Bodo diperuntukkan bagi kaum wanita dengan desain yang unik. Bentuknya seperti segi empat dan berlengan pendek. Warnanya juga beragam dengan maksud menjadi simbol usia dan status bagi pemakainya. berikutnya adalah pakaian adat Sulawesi Selatan yang dinamai Baju Labbu. Dahulu baju ini hanya digunakan oleh wanita kaum bangsawan yang berada di Kerajaan Luwu. Namun kini sudah bisa digunakan kaum wanita dari kalangan manapun.

untuk pria bugis makassar sendiri mengenakan Baju Tutu. Busana ini terdiri dari jas yang disebut jas tutu yang disandingkan dengan celana dan kain sarung atau lipa gurusuk. Sedangkan untuk hiasan kepala, para kaum pria biasanya menggunakan songkok recca khas Bugis, Passapu atau Patonro untuk etnik Makassar.

untuk etnis toraja dikenal dengan baju Seppa Tallung bagi kaum pria, dan baju Pokko’ untuk kaum wanita.
Desain lengan pada pakaian ini ukurannya pendek, dengan ciri ciri berupa dominasi yang mencolok dari warna-warna merah, hijau, hitam, kuning, dan putih. Pengenaan Baju Pokko juga dilakukan bersama beberapa perhiasan, aksesoris, hingga manik-manik yang membuatnya menarik.

Keberagaman pakaian adat istiadat ini tentu patut membuat kita bangga. bahwa budaya bangsa kita memiliki keberagaman yang menarik, mengandung filosofi mendalam pada tiap coraknya dan mampu menarik perhatian bagi bangsa lain.

DIRGAHAYU ke-78 Republik Indonesia "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju"
(
https://youtu.be/S5zogFu6yNk)