{SMK SMAK Makassar} Pelatihan LDK Bela Negara wujud upaya peningkatan rasa Nasionalisme bagi pelajar

Melalui program PERSAMA, SMK SMAK Makassar kembali menggelar Latihan dasar kepemimpinan di tahun 2019. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kegiatan LDK kali ini dilaksanakan di Kostrad Kariango Kabupaten Maros yang berlangsung pada tanggal 18 s.d 20 Oktober. Sebanyak 108 siswa yang merupakan pengurus dan calon pengurus organisasi di SMK SMAK Makassar mengikuti rangkaian kegiatan ini.

Hal yang menarik dari ldk tahun ini adalah fokus kegiatan pada pelatihan bela negara. Dimana siswa SMK SMAK Makassar diberikan materi-materi yang berkaitan dengan peningkatan rasa nasionalisme. Generasi muda saat ini, mulai mengalami kemunduran dalam hal kepedulian terhadap bangsa atau rasa cinta tanah air yang berkurang.
Ini tentu disebabkan karena penyalahgunaan kecanggihan teknologi yang memanjakan mereka, sehingga cenderung hal-hal yang dilakukan bersifat kurang berfaedah.

Melalui kegiatan ini, para pelatih yang merupakan prajurit militer di Kostrad Kariango menekankan kepada para peserta LDK untuk senantiasa fokus pada tugas dan tanggungjawab mereka sebagai seorang pelajar. Tidak terbuai dengan kegiatan-kegiatan kurang bermanfaat sehingga menyita waktu mereka dalam mempersiapkan diri menjadi generasi muda yang tangguh. Selain itu, rasa Nasionalisme yang tinggi pun ditanamkan kepada peserta sebagai wujud dari cinta tanah air, bangsa dan negara.

Selain materi-materi bela negara, peserta juga disuguhkan beberapa outbond sehingga menambah semangat para peserta selama kegiatan ini berlangsung.