Pelaksanaan Kegiatan Uranium Chemical Fair 4.0 di SMK-SMAK Makassar

Makassar - SMK-SMAK Makassar kembali turut berperan serta dalam melakukan pembinaan pada siswa/i SMP melalui kegiatan Uranium Chemical Fair 4.0 (UCF), setelah mengadakan ajang kompetisi bergengsi di bidang kepramukaan dalam ajang Uranium Scout Competition season 7 yang diikuti oleh 13 pangkalan pada tanggal 4-5 Maret 2017.

Kegiatan UCF 4.0 ini dilaksanakan mulai tanggal 11 – 12 Maret 2017, kegiatan ini merupakan ajang kompetisi di bidang akademik. Pada Tahun ini UCF 4.0 diikuti oleh 119 orang peserta, adapun peserta lomba telah terbagi dalam 6 mata lomba yaitu Cabang Umum Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Kreasi Kimia, Cepat Tepat MIPA. Peserta dalam kompetisi ini akan memperebutkan piala begilir serta piala tetap. Pada tiap-tiap mata lomba, tim panitia serta guru pembina telah memformulasikan soal – soal tes dengan selektif guna peningkatan hasil yang maksimal dalam menyeleksi setiap juara.

Selain berkompetisi, dalam ajang ini para peserta juga mendapatkan pembinaan serta pengenalan tentang Sekolah Kejuruan di bidang Analis Kimia. Peserta berkesempatan berkeliling dan melihat seluruh fasilitas laboratorium yang ada di SMK-SMAK Makassar.

Pada tiap kunjungan di Laboratorium SMK-SMAK Makassar, masing-masing peserta mendapatkan pengarahan dari masing – masing pengelola Laboratorium terkait kompetensi di masing-masing Laboratorium. Adapun laboratorium yang dikunjungi oleh peserta adalah Lab. Gravimetri, Lab. Mikrobiologi, Lab. Terpadu, Lab. Instrumen, dan Lab. Batubara.

Dalam kata sambutannya Kepala SMK-SMAK Makassar, Muhammad Nadar, menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta untuk tidak takut dalam mendalami bidang ilmu Kimia. “Kimia yang mungkin selama ini dikenal sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit, bersama SMK-SMAK Makassar kita semua dapat menimba ilmu kimia dengan cara yang menarik dan enjoy sehingga kimia tidak perlu ditakuti lagi,” ucap Kepala SMK-SMAK Makassar.

Lebih lanjut dalam pengarahannya, Bapak Kepala SMK-SMAK Makassar menyatakan bahwa dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) setiap pelajar dituntut untuk memiliki skill yang berdaya saing tinggi. “Dengan menimba ilmu di SMK-SMAK Makassar maka setiap lulusan dipastikan telah memiliki kecakapan skill yang berdaya saing tinggi di bidang analis kimia, karena selain mendapatkan Ijazah kelulusan seperti pada sekolah umumnya, setiap lulusan SMK-SMAK Makassar juga dilengkapi dengan sertifikat kompetensi baik setingkat nasional maupun internasional,” ujar Kepala SMK-SMAK Makassar.

Menutup kata sambutanya Bapak Kepala SMK-SMAK Makassar menyampaikan bahwa Juara Umum 1, 2, dan 3 akan mendapatkan reward bebas tes untuk masuk ke SMK-SMAK Makassar pada Tahun Ajaran 2017 / 2018.

 

Rangkaian foto kegiatan silahkan klik disini