Bentuk Karakter SIswa Melalui Kegiatan Pramuka

SMK - SMAK Makassar merupakan sekolah Menengah kejuruan negeri yang bergerak dibidang spesialis analisa kimia dan termasuk dalam satuan kerja dibawah naungan kementerian perindustrian RI. Sekolah ini menerapkan 4 tahun masa pendidikan yang terdiri dari 7 Semester pembinaan akademik dan 1 semester Praktek Kerja Industri. Dalam proses pendidikannya, Selain siswa dibekali dengan ilmu teoritis (akademik) mereka juga mendapat pembinaan melalui program ekstrakuliler seperti pramuka,musik, kesenian, dan olahraga.

Khusus untuk ekstrakuliler pramuka, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun sehingga setiap siswa wajib untuk mengikutinya. Kegiatan tersebut diharapkan mampu membentuk karakter siswa-siswi yang mandiri, terampil dan kreatif. Dan dalam rangka merealisasikannya maka dilaksanakanlah kegiatan pramuka tanggal 05 - 06 juni 2015, yang agendanya untuk pelantikan bantara Pramuka dan Pendidikan Dasar (diksar) Siswa Pemerhati Lingkungan (SPL). Kegiatan ini diikuti 81 calon bantara pramuka, 27 Siswa Pemerhati Lingkungan, beberapa pengurus persama dan dewan pramuka siswa serta diawasi tim guru dan staf sekolah.

Adapun manfaat yang diperoleh siswa dalam kegiatan tersebut yaitu :

  1. Membentuk sikap dan karakter disiplin setiap individu dan kelompok.
  2. Melatih rasa tanggung jawab siswa dalam mengemban suatu amanah.
  3. Mampu berkomunikasi dan berorganisasi dengan baik.
  4. Melatih sikap kemandirian setiap anggota.
  5. Menciptakan jiwa Kepemimpinan siswa.
  6. Melatih kesabaran dan kesetiakawanan antar sesama.
  7. Menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan lingkungan.
  8. Membudayakan sikap gotong royong dan saling tolong menolong antar sesama

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut terbilang sukses karena bebas dari unsur-unsur intimidasi, kekerasan fisik dan semoga kegiatan ini terus membudaya dengan baik. Perlu direnungkan bahwa dunia kerja saat ini bukan hanya membutuhkan tenaga analis yang cerdas tetapi juga memerlukan individu yang disiplin, kreatif, terampil dan mandiri.

Penulis: Muchammad Akbar

Editor: Angga Nofrianto